Keseruan Pimnas 2015

Hai hai akhirnya saya kembali lagi ke laman ini, setelah hampir lebih dari sebulan saya tidak memposting apapun di laman ini karena pekerjaan. Yup, dua bulan ini saya fokus kepada dua hal yaitu penyelesaian tulisan tesis saya yang belum direvisi juga sama dospem. Wkwkwk dan fokus kedua adalah persiapan menuju PIMNAS. PIMNAS tahun ini adalah tahun ke empat saya mengurus persiapan menuju PIMNAS dan tahun ini PIMNAS berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.  Kenapa berbeda?

Tahun ini jadwal PIMNAS mengalami perubahan. Jadwal yang ditetapkan sebelumnya tanggal 23 Agustus 2015-28 Agusus 2015 berubah menjadi 5 Oktober-9 Oktober 2015. Jaraknya begitu jauh bukan. Melihat kondisi seperti itu, kami tim official bersama pimpinan pastinya memmbuat rencana yang lebih matang mengenai pembinaan menuju PIMNAS apalagi dengan jumlah tim yang lolos PIMNAS sangat sedikit yaitu sebanyak 15 tim, kalah dengan UNY, UNDIP dan UNPAD euy. Hal tersebut diperburuk dengan pengumuman jadwal pengumpulan proposal PKM 2016 yang bersamaan dengan jadwal pelaksaan PIMNAS. Tambah stress dah disitu saya dan tim PKM Center.  Hahaha

Pembinaan pelaksaanaan PIMNAS dimulai dari tanggal 19 Agustus sampe 27 September 2015. Mabok-mabok dah itu mahasiswa. Setiap sabtu minggu kami terus melaksanakan pembinaan dari jam 09.00-15.00 WIB. Dimulai dari pendampingan pembuatan artikel ilmiah yang harus diupload dan poster PKM, hingga cara pembuatan PPT, design PPT, cara presentasi, teknik presentasi yang baik, cara menjawab pertanyaan dan berakhir dengan simulasi PIMNAS pada masa karantina PIMNAS. Dosen-dosen yang membantu dalam proses pembinaan ini merupakan dosen-dosen yang telah biasa dari tahun ke tahun membantu kami dalam proses pembinaan PIMNAS dan sudah terbukti kehebatan mereka. Y Dalam masa pembinaan, kekompakan kontingen belum terasa. Namun, akhirnya hal itu bisa berubah dan menjadi kompak saat kami melaksanakan karantina di D’Agepe selama 3 hari dan menginap. Kami berusaha mengatur jadwal sebaik mungkin supaya mahasiswa tidak jenuh dan dapat fokus. Hari pertama diisi dengan perbaikan PPT dan motivasi dari Dr Rimbawan Kadep Gizi dan dulunya merupakan Direktur Kemahasiswaan. Disitu, anak-anak mulai terlihat lebih semangat  setelah melihat beberapa video untuk menuju PIMNAS dan lebih kompak ditambah adanya Pak Lurah yang akan membantu kontingen PIMNAS. Hari kedua mereka presentasi dan ada materi team building yang diberikan oleh Pak Agus Dosen Fapet. Disini kontingen PIMNAS menjai lebih dekat dan semakin kompak, udah ga ada namanya malu atau jaim gitu. Dosen-dosen pun turut berpartisipasi dalam kegiatan ini sehingga membuat suasana pun menjadi hangat. Hari ketiga, saat SIMULASI PIMNAS, kegiatan ini dihadiri juga oleh dosen-dosen IPB yang menjadi juri nasional PIMNAS untuk membantu dalam proses penilaian dan tambahan saran untuk para kontingen supaya menjadi lebih baik lagi saat PIMNAS. Disini, beberapa kelompok ternyata mengalami kegugupan yang luar biasa terlihat dari mimik wajah mereka. Heheh

IMG_0402

Motivasi ari Pak Rimbawan

IMG_0428

Permainan saat Team Building

IMG_0517

ceritanya main ikat-ikatan

IMG_0541

Muka deg-degan salah satu kontestan

IMG_0680

Kontingen PIMNAS 28

IMG_2994

Kondisi PKM Center udah kayak gudang

Hingga tibalah saat yang paling mendebarkan hahah *versi lebay. Keberangkatan kontingen PIMNAS tanggal 4 Oktober 2015 jam 2 pagi dengan hasil saya dan Dewi pun tidak tidur hingga jam 4 terus jam 10 harus berangkat lagi. Persiapannya cukup melelahkan dari regis online anak satu-satu, mintain foto, mintain ktm, mintain ktp, beli roti, beli KFC buat makan pagi anak-anak,  packing ATK dan obat-obatan, dan lainnya. Hhahaha. Dan entah kenapa, PIMNAS kali ini menguras hati euy hahaha *lebay. Mungkin karena menjelang PMS dan sistem manajemen kami yang lagi ga stabil, jadwal dan keputusan yang bisa berubah per sekian detik *jadi curcol deh gw. Tapi yang saya salutin adalah anak-anak makin kompak, Pak lurah bisa mengkoordinir anak-anak dan mereka saling menyemangati.  Yel-yel pun sudah terbentuk sejak awal keberangkatan kontingen. Grup  WA PIMNAS pun mulai ramai dengan chat-chat bercanda, geje, ga nyambung tapi bikin kangen. Eaaaaa

IMG_3330

Panasya kendari tapi mereka tetep semangat untuk foto foto

IMG-20151005-WA0004

Keliling kampus UHO

IMG-20151010-WA0034

Regis On desk

Nyampe kendari kesan pertama, laper. Secara nyampenya malam terus makan pagi plus siang Cuma KFC ma roti. Wkwkw dasar perut karet  saya. Keesokan harinya kami mulai mengikuti rangkaian kegiatan PIMNAS. Kondisi Kendari panas mungkin karena angin laut ya dan tanahnya pasir pantai gitu. Kami pun harus membeli beberapa dus masker dan vitamin. Hingga PIMNAS berakhir, beberapa mahasiswa ada yang sakit juga karena kondisi cuaca yang tidak pas dengan aktivitas kegiatan PIMNAS yang padat. Salut saya pun bertambah dengan kekompakan mereka, kesigapan mereka menghadapi PIMNAS dan kepedulian mereka terhadap teman lainnya. Masalah kompak, tidak perlu diragukan. Karena tim IPB menurut saya adalah tim yang paling rame dari tim lainnya. Saking niatnya bawa bass dan senar untuk mengiringi yel-yel hingga terbentuk koreografi tarian untuk yel-yel tersebut. Pada saat jalan-jalan pun, kami masih melakukan yel-yel di tepi pantai, dosennya pun ikutan joget. Haaahhaha.

IMG-20151010-WA0005

Saatnya jalan-jalan

IMG_3930

Menari bersama

IMG_3850

Kelakuan mereka -_-

IMG-20151010-WA0065

IMG-20151010-WA0057

IMG-20151008-WA0011

_MG_0013

Bersiap-siap ke destinasi berikutnya

IMG_3894

IMG_3989

Gaya Hitler ala mereka

IMG_3987

Bingung mw caption apa sama kelakuan mereka

IMG_4009

IMG-20151007-WA0033

Makan bersama dan kontingen PIMNAS memang juara kalau masalah makan dah

IMG-20151007-WA0038

Malam pengumuman pun dilangsungkan, saya sendiri jujur udah deg-degan dari pagi saat tanggal pengumuman. Membayangkan hasil yang akan diperoleh, menebak-nebak siapa yang akan juara dan pemikiran lainnya. Perasaan ini, selalu saya alami setiap tahunya. Memang bukan saya pesertanya, namun karena saya menemani mereka selama sebulan lebih, perjuangan mereka untuk datang ke karantina setiap minggu membuat saya jadi ga tega sendiri. Mereka telah berusaha sebaik mungkin dan malam tersebut adalah malam pembuktian rasanya. Dan hasilnya IPB mendapatkan 1 emas pesentasi, 3 emas poster, 1 perak presentasi dan 1 perunggu presentasi yang mengantarkan IPB menjadi peringkat 6. Sedih sih, karena tahun lalu kami meraih peringkat 4, namun ini mungkin hasil terbaik dari perjuangan kami. Dan mudah-mudahan ke depannya kami bisa menjadi lebih baik lagi, mengumpulkan proposal lebih banyak lagi dengan kualitas yang semakin baik. Manajemen pembinaan PKM pun menjadi lebih baik, tidak terlalu over training namun tepat sasaran. Tidak dipungkiri juga, universitas lain pun semakin keren judul-judulnya PKMnya. Alhamdulillah saya beruntung dapat memperhatikan satu persatu poster dari tiap bidang PKM dan membaca apa yang telah mereka lakukan. Dan jujur itu keren banget, terutama buat penelitian-penelitian yang menurut saya pribadi pengerjaannya sulit bahkan perlu dilakukan di luar negeri kala perlu hasil yang cepet. Penelitian mereka mostly aplikasi semua isinya. Membuat saya pengen tahu gimana mereka bisa ngelaksanain itu semua, dan pembinaan mereka itu seperti apa.

_MG_0068_MG_0222

_MG_0213_MG_0207

Setelah PIMNAS berlangsung, yang membuat saya senang sekaligus haru adalah ramenya grup WA PIMNAS hingga ratusan chat, banyolan dan candaan mereka, dari hal asmara hingga hal sepele lainnya. Merasa beruntung bisa kenal mereka semua. Ada-ada aja tingkah laku mereka yang bisa membuat saya tertawa setiap membaca chat mereka. Setelah PIMNAS, mulai terlihat kelakuan asli mereka,, yang terlihat pendiem ternyata rame banget di grup, yang anteng-anteng aja ternyata kalau ngecengin parah juga. HAHAHA. Dan di ajang PIMNAS kali ini, kita menemukan 2 saudara kembar yang terpisah.

IMG_3091

Andriyana tazim

_MG_0199

Dewi Erwa

Terima kasih kawan, bukan adik. Mereka seperti teman baru saya, yang membuat saya merasakan semua rasa, bahagia, kesel, marah, bete, tertawa, geleng-geleng kepala karena kelakuan mereka yang kerap kali konyol. Bisa jadi ini adalah PIMNAS terakhir saya menjadi official. Tahun depan harapannya statusnya sudah berubah, hahaha. Aminn

Love u all

#kendari #dramaga #pimnas28

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s